Minggu, 12 Desember 2010

soal landasan pendidikan


Petunjuk Latihan Bagian 1
Bacalah pertanyaan/pernyataan dengan seksama dan hati-hati kemudian pilihlah jawaban yang benar a, b, c, d atau e dengan memberikan tanda silang (x) pada pilihan jawaban yang benar.
Latihan Bagian I:
1.        Dalam arti sempit administrasi berarti:
a.        Kerja sama
b.        Pengelolaan
c.        Proses
d.        Clerical work
e.        Keuangan

2.        Fungsi  administrative untuk memastikan bahwa apa yang dikerjakan sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya merupakan fungsi:
a.        Perencanaan
b.        Pengorganisasian
c.        Pengkomunikasian
d.        Pengawasan
e.        Pengkoordinasian

3.        Prinsip-prinsip manajemen ilmiah ditulis oleh:
a.        Max Weber
b.        Henry Fayol
c.        Luther Gulick
d.        Frederick Taylor
e.        Elton Mayo

4.        Berikut ini adalah tujuan dari desentralisasi manajemen, kecuali …
a.        Perbaikan pendidikan
b.        Efisiensi pengelolaan
c.        Efisiensi biaya
d.        Pencapaian tujuan politik
e.        Memberikan kebebasan
5.        Ruang lingkup desentralisasi manajemen pendidikan mencakup aspek berikut, kecuali …
a.        Perundang-undangan pendidikan
b.        Kendali mutu pendidikan
c.        Pembiayaan proses pendidikan
d.        Pengembangan kurikulum pendidikan
e.        Sarana dan prasarana pendidikan

6.        O’ Connor mengungkapkan bahwa organisasi setidaknya memiliki empat komponen, yaitu:
a.        Man, Money, Material, Machine
b.        Mission, Goals, Objectives, Behavior
c.        Efficiency, Effectivity, Relevancy, Productivity
d.        Planning, Organizing, Actuating, Controlling
e.        Communication, Leadership, Structure, Kooperation

7.        Elemen-elemen kunci dalam organisasi sekolah sebagai sebuah system social adalah sebagai berikut, kecuali …
a.        Struktur
b.        Individu
c.        Budaya
d.        Politik
e.        Uang

8.        Tindakan menetapkan terlebih dahulu apa yang akan dikerjakan, bagaimana mengerjakannya, dan siapa yang mengerjakan, merupakan kegiatan administrasi dalam hal:
a.        Pengorganisasian
b.        Pengkoordinasian
c.        Perencanaan
d.        Pengawasan
e.        Pengkomunikasian

9.        Pengawasan yang baik adalah kegiatan pengawasan yang bersifat:
a.        Ketat
b.        Mengikat
c.        Memvonis
d.        Mendidik
e.        Menghukum

10.     Kegiatan manajemen secara garis besar terdiri dari:
a.        Pengaturan siswa dan pengaturan fasilitas
b.        Pengaturan sosio emosional dan pengaturan lingkungan fisik
c.        Pengaturan siswa dan pengaturan sosio emosional
d.        Pengaturan lingkungan fisik dan pengaturan materi pelajaran
e.        Pengaturan fasilitas dan pengaturan sosio emosional

11.     Memimpin adalah menggerakkan dan memaksa kelompok/orang, merupakan konsep kepemimpinan …
a.        Demokratis
b.        Laisser Faire
c.        Pseudo Demokratis
d.        Otokratis
e.        Visioner

12.     “Leader are borned not bilt” merupakan pendapat munculnya pemimpin berdasarkan …
a.        Teori Situasi
b.        Teori Sosial
c.        Teori Genetika
d.        Teori Ekologis
e.        Teori Kontingensi

13.      Berpedoman pada prinsip “the righ man in the right place” merupakan salah satu prinsip keterampilan pemimpin yaitu …
a.        Keterampilan dalam proses kelompok
b.        Keterampilan dalam memimpin
c.        Keterampilan dalam mengelola personil
d.        Keterampilan dalam hubungan insane
e.        Keterampilan dalam menilai

14.     Sistem Informasi Manajemen merupakan segenap proses yang mencakup:
a.        Pengumpulan, penyimpanan, pengambilan dan penyebaran informasi dengan cepat dan tepat.
b.        Pengumpulan, pengolahan dan pengambilan informasi dengan cepat dan tepat.
c.        Pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, pengambilan dan penyebaran informasi dengan cepat dan tepat.
d.        Pengumpulan, pengolahan, pengambilan dan penyebaran informasi dengan cepat dan tepat.
e.        Pengumpulan, penyortiran, pengolahan, penganalisisan dan penyebaran informasi dengan cepat dan tepat.

15.     Di bawah ini merupakan langkah-langkah dasar yang dapat ditempuh dalam mengembangkan system informasi, kecuali …
a.        Studi fisibilitas
b.        Menentukan persyaratan system
c.        Perubahan keorganisasian
d.        Pembuatan solusi
e.        Penentuan SDM
16.     Dalam pengolahan data, ada metode yang menggabungkan dari orang dan mesin. Misalnya seorang kepala sekolah yang bekerja dengan menggunakan posting machine. Metode tersebut disebut …
a.        Metode manual
b.        Metode elektromechanical
c.        Metode punched car equipment
d.        Metode elektronik computer
e.        Metode storring

17.     Unsur-unsur System Informasi Manajemen meliputi:
a.        Unsur mekanisme
b.        Unsur struktur, system dan informasi
c.        Unsur manajemen dan sistem
d.        Unsur system, informasi dan manajemen
e.        Unsur konten dan informasi

18.     Data yang bersumber dari dalam organisasi itu sendiri disebut:
a.        Data eksternal
b.        Data internal
c.        Data diagonal
d.        Data vertical
e.        Data horizontal

19.     Inti dara manajemen kurikulum adalah …
a.        Membuat rencana pembelajaran
b.        Menyusun jadwal pelajaran dengan alokasi waktu yang sesuai dengan kondisi siswa
c.        Mengoptimalkan pengalaman belajar siswa melalui proses pembelajaran yang baik
d.        Membantu guru menemukan dan mengatasi kesulitan yang dihadapi pada saat proses pembelajaran
e.        Membantu guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

20.     Komponen kurikulum yang menitikberatkan pada pengalaman belajar peserta didik adalah …
a.        Komponen tujuan
b.        Komponen metode
c.        Komponen evaluasi
d.        Komponen produktivitas
e.        Komponen isi

21.     Tujuan pendidikan nasional secara jelas tertuang dalam:
a.        Pembukaan UUD 1945
b.        UUD 1945 pasal 30
c.        UUD 1945 pasal 31
d.        UU No. 20 Tahun 2005
e.        UU No. 20 Tahun 2003

22.     Sekolah dituntut dapat memilah dan memilih potensi peserta didik yang beragam agar mampu mengembangkan diri sesuai dengan potensinya. Hal tersebut merupakan fungsi sekolah sebagai …
a.        Agent of change
b.        Selecting agency
c.        Agent of preservation
d.        Class laveling agency
e.        Assimilating agency

23.     Keberadaan masyarakat dalam konteks penyelenggaraan system persekolahan memiliki beberapa fungsi yaitu …
a.        Supplier, konsumen, peserta
b.        Supplier, pelaksana, pengendali
c.        Supplier, konsumen, pengendali
d.        Peserta, pelaksana, penilai
e.        Konsumen, peserta, pengendali

24.     Makna pokok hubungan sekolah dan masyarakat adalah …
a.        Identik dengan sumbangan/bantuan ke sekolah
b.        Kegiatan pembagian tugas dan kewenangan dengan masyarakat
c.        Proses komunikasi timbal balik antara sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaraan sekolah
d.        Proses control dari masyarakat terhadap sekolah dalam penyelenggaraan sekolah
e.        Proses koordinasi dari masyarakat dengan warga sekolah dalam penyelenggaraan sekolah

25.     Widiyaiswara dan tutor dalam struktur tenaga kependidikan termasuk:
a.        Tenaga Struktural
b.        Tenaga Fungsional
c.        Tenaga Teknis
d.        Tenaga Penyuluh
e.        Tenaga Administratif

26.     Salah satu cara peningkatan profersionalisme tenaga kependidikan adalah …
a.        Meningkatkan beban kerja
b.        Meningkatkan hubungan insane
c.        Meningkatkan kualifikasi pendidikan
d.        Meningkatkan gaji/upah
e.        Meningkatkan pengawasan

27.     Tugas dan fungsi tenaga pendidik khususnya Guru dan Dosen diatur dalam:
a.        UU No. 20 Tahun 2003
b.        UU No. 20 Tahun 1989
c.        UU No. 14 Tahun 2007
d.        UU No. 14 Tahun 2005
e.        Permendiknas No. 14 Tahun 2007

28.     Aktivitas manajemen keuangan pada lembaga pendidikan mencakup hal berikut, kecuali …
a.        Penetapan kebutuhan belanja
b.        Menyusun laporan keuangan
c.        Mencatat pemasukan dan pengeluaran uang
d.        Menetapkan anggaran
e.        Menganjurkan tabungan bagi siswa

29.     Anggaran antara lain disusun untuk menghindari overspending atau misspending. Hal tersebut sesuai dengan fungsi anggaran sebagai …
a.        Alat perencanaan
b.        Alat penegendalian
c.        Alat politik
d.        Alat motivasi
e.        Alat penilaian kerja

30.     Berikut ini biaya rutin yang dikeluarkan dalam pembiayaan di sekolah, kecuali …
a.        Gaji guru
b.        Pembayaran listrik
c.        Pembayaran telepon
d.        Pembayaran gaji pesuruh
e.        Honor panitia PSB

31.     Kondisi yang secara tegas mengharuskan bahwa pendidikan harus bermutu adalah …
a.        Tantangan nasional dan internasional yang dihadapi Negara dan bangsa saat ini
b.        Tuntutan dari pemerintah yang berkuasa terhadap penyelenggaraan pendidikan
c.        Perkembangan ekonomi yang semakin ketat diantara bangsa-bangsa
d.        Persaingan yang semakin ketat antara bangsa-bangsa di asia dan dunia
e.        Adanya globalisasi

32.     Kata yang dapat merepresentasikan makna mutu adalah:
a.        Efektifitas
b.        Kepuasn
c.        Produktivitas
d.        Efisiensi
e.        Keberlangsungan

33.     Tokoh utama yang memperkenalkan mutu kepada dunia (sering disebut bapaknya mutu) adalah:
a.        Edward Deming
b.        Joseph Juran
c.        Kaoru Ishikawa
d.        Philip B Crosby
e.        Walter A Shewhart

34.     Di bawah ini dikategorikan paling tepat sebagai unsure suatu organisasi adalah … , kecuali:
a.        Nama organisasi, visi, kantor, kerjasama, tujuan
b.        Visi, kantor, kerjasama, system social, tujuan
c.        Kantor, kerjasama, system social, orang, tujuan
d.        Kerjasama, system social, orang, mekanisme, tujuan
e.        System social, orang, mekanisme, kepemimpinan, tujuan

35.     Esensi dari pemasaran pendidikan adalah …
a.        Mendapatkan customer sebanyak-banyaknya
b.        Menciptakan budaya mutu dalam pendidikan
c.        Menginformasikan lembaga secara luas
d.        Menjual produk lembaga pendidikan
e.        a, b, c dan d tidak tepat

36.     Pada dasarnya ada beberapa elemen dalam menerapkan marketing, yaitu …
a.        Integrated marketing, create customer satisfaction, dan profit
b.        Customer im-pinging resources, policy activity
c.        Integrated marketing, customer im-pinging, resources, profit
d.        Market segmentation, customer im-panging, resources, integrated marketing
e.        Profit, policies activity, integrated marketing

37.     Prinsip-prinsip dalam kegiatan manajemen peserta didik adalah sebagai berikut, kecuali …
a.        Harus mengacu pada peraturan yang berlaku
b.        Mengemban misi pendidikan
c.        Memacu dan mendorong kemandirian peserta didik
d.        Mempersatukan peserta didik yang beragam
e.        Memberikan kebebasan kepada peserta didik

38.     Berikut adalah macam-macam dalam pengelompokkan peserta didik, kecuali …
a.        Friendship Grouping
b.        Achievment Grouping
c.        Aptitude Grouping
d.        Intelegence Grouping
e.        Ability Grouping

39.     Berikut adalah fungsi dari supervisi pendidikan, kecuali …
a.        Inspeksi
b.        Penelitian
c.        Pembinaan
d.        Pelayanan
e.        Penilaian

40.     Salah satu alasan diperlukannya administrasi pendidikan secara komprehensif adalah:
a.        System pendidikan sudah jenuh
b.        Organisasi yang ada tidak dapat menampung aspirasi masyarakat
c.        Manusia memerlukan lembaga pendidikan yang lebih besar
d.        Peranan dan tugas lembaga pendidikan semakin lama semakin bertambah dan beragam
e.        Adanya kepentingan politik yang masuk dalam lembaga pendidikan

Petunjuk Latihan Bagian II: Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan jelas serta gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar!
1.        Jelaskan pemahaman saudara mengenai landasan pendidikan secara komprehenshif
2.        Kemukakan perbedaan serta persamaan yang paling mendasar antara pendidikan dan pengajaran serta rumuskan komponen-komponen yang mempengaruhinya.
3.        Penyelenggaraan pendidikan saat ini dihadapkan pada masalah mutu yang rendah. Coba anda jelaskan arti mutu dan aplikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan!.
4.        Sebutkan dan jelaskan factor-faktor yang mempengaruhi perwujuvdan pengelolaan kelas yang baik!
5.        Jelaskan pemahaman anda apa yang dimaksud administrasi pendidikan!


Anda dipersilakan melihat buku serta referensi yang lain sebagai rujukan.


@@@ Selamat Bekerja @@@



REKAPITULASI NILAI
MANAJEMEN PENDIDIKAN
N0
NAMA MAHASISWA
NOMOR POKOK
NILAI AKHIR


1
Dian Hasanah

3,8/A
2
Mulyati

3,7/A
3
Deti R

3,6/A
4
Defi Risalawati

3,6/A
5
Jumhana

3,6/A
6
M Yusuf

3,6/A
7
Sunarsih

3,4/B+
8
Enok Karyati

3,2/B+
9
Yani, SM

3,2/B+
10
Didin Fadilah

3,1/B
11
Kania Yulianti

3,1/B
12
Wiarsil

3,1/B
13
Dalis Tarmini

3,1/B
14
Sarikah

3,0/B
15
Darwati

3,1/B
16
Cecep Kusdinar

3,1/B
17
Ade Kiki Mulyamin

3,1/B









Tidak ada komentar:

Posting Komentar