Minggu, 12 Desember 2010

Rumusan Pembelajaran ttg Produksi Distribusi dan konsumsi


RUMUSAN PEMBELAJARAN IPS SMP/MTs

1.  Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial
IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial seperti : sosiologi, sejarah, antropologi, geografi, ekonomi, psikologi dan politik. Ilmu Pengetahuan Sosial dirumuskan berdasarkan realitas dan fenomena sosial yang mewujudkan satu pendekatan interdisipliner dari aspek-aspek dan cabang-cabang ilmu sosial.
Geografi, sejarah dan antropologi merupakan disiplin ilmu yang memiliki keterpaduan yang tinggi. Geografi memberikan wawasan tentang wilayah-wilayah. Sejarah tentang peristiwa-peristiwa dari berbagai periode. Antropologi meliputi nilai-nilai, kepercayaan, struktur sosial, ekonomi, politik, spiritual, teknologi dan budaya. Ilmu politik dan ekonomi tergolong ilmu tentang kebijakan yang berkaitan dengan pembuatan keputusan. Sosiologi dan psikologi sosial merupakan ilmu tentang prilaku.

Gambar 1. Keterpaduan Cabang Ilmu Pengetahuan Sosial

2.  Karakteristik Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Karakteristik mata pembelajaran IPS SMP/MTs antara lain sebagai berikut:
a.    IPS merupakan gabungan dari unsur-unsur geografi, sejarah, ekonomi, hukum dan politik, kewarganegaraan, sosiologi, bahkan juga bidang humaniora, pendidikan dan agama ( Numan Soemantri, 2001).
b.    Standar kompetisi dan kompetensi Dasar IPS berasal dari stuktur keilmuan geografi, sejarah, ekonomi dan sosiologi yang dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi pokok pembahasan atau tema (topik) tertentu.
c.     Standar kompetisi dan kompetensi Dasar IPS juga menyangkut berbagai masalah sosial yang dirumuskan dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner.
d.    Standar kompetisi dan kompetensi Dasar dapat menyangkut peristiwa dan perubahan kehidupan masyarakat dengan prinsip sebab akibat, kewilayahan, adaptasi dan pengelolaan lingkungan, struktur, proses dan masalah sosial serta upaya-upaya perjuangan hidup agar survive seperti pemenuhan kebutuhan, kekuasaan, keadilan dan jaminan keamanan (daldjoeni,1981).
e.    Standar kompetisi dan kompetensi Dasar IPS yang menggunakan tiga dimensi dalam mengkaji dan memahami fenomena sosial serta kehidupan manusia secara keseluruhan.

Dimensi dalam kehidupan manusia

Ruang

Waktu

Nilai/Norma
Area dan substansi pembelajaran
Alam sebagai tempat dan penyediaan potensi sumber daya
Alam dan kehidupan yang lelalu berproses, masa lalu,
Kaidah atau aturan yang menjadi perekat dan penjamin keharmonisan kehidupan manusia dan alam
Contoh Kompetesi Dasar yang dikembangkan
Adaptasi spasial dan eksploratif
Berpikir kronologis, prospektif,antisipatif
Konsisten dengan aturan yang disepakati dan kaidah alamiah masing-masing disiplin ilmu
Alternatif penyajian dalam mata pelajaran
Geografi
Sejarah
Ekonomi, Sosiologi atau antropologi
Tabel 1. Dimensi IPS dalam Kehidupan Manusia

3.  Tujuan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
a.    Memiliki kesadaran dan keperdulian terhadap masyarakat atau lingkungannya, melalui pemahaman terhadap nilai-nilai sejarah dan kebudayaan masyarakat.
b.    Mengetahui dan memahami konsep dasar dan kemampuan menggunakan metode yang diadaptasi dari ilmu-ilmu sosial yang kemudian dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah sosial.
c.    Mampu menggunakan model-model dan proses berpikir serta membuat keputusan untuk menyelesaikan isu dan masalah yang berkembang di masyarakat.
d.    Menaruh perhatian terhadap isu-isu dan masalah-masalah sosial, serta mampu membuat analisis yang kritis, selanjutnya mampu mengambil tindakan yang tepat.
e.    Mampu mengembangkan berbagai potensi sehingga mampu membangun diri sendiri agar suvive yang kemudian bertanggung jawab membangun masyarakat.



4.  Konsep Pembelajaran Terpadu dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
1.  Model integrasi berdasarkan topik
Contoh topiknya “Kegiatan Ekonomi Penduduk”
Tabel 2. Model Integrasi IPS berdasarkan Topik/Tema
2.  Model integrasi berdasarkan utama
Contohnya “Potensi Bali sebagai Daerah Tujuan Wisata”. Dalam pembelajaran ini yang dikembangkannya adalah Kebudayaan Bali dikaji dan ditinjau dari faktor alam, histori kronologis dan kausalitas, serta perilaku masyarakat terhadap aturan
3.  Model integrasi berdasarkan pemasalahan
Contohnya “ Tenaga Kerja Indonesia”
Tabel 3. Model Integrasi IPS Berdasarkan Permasalahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar