Sabtu, 06 November 2010

Munculnya Ideologi Nasionalisme di Asia-Afrika dan Perkembangan Nasional Indonesia

1. Munculnya Paham- Paham Baru di Asia Afrika
Dengan praktik kolonialisme dan imperalisme pada akhir abad ke-19 dan abad ke-20 bangsa-bangsa Eropa telah menumbuhkan dan mengembangkan berbagai pemikiran sepert:
   1.1 Nasionalisme
         Nasionalisme adalah suatu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara dengan mewujudkan suatu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia.
   1.2 Liberalisme
         Liberalisme adalah paham yang menghendaki adanya kebebasan individu dalam kehidupan politik, agama dan ekonomi.
   1.3 Sosialisme
         Sosialisme adalah paham yang tercipta secara kolektif dan kebahagiaan diperuntukan bagi semua anggota masyarakat.
   1.4 Demokrasi
         Demokrasi adalah suatu paham yang mengakui hak segenap rakyat dalam pemerintahan, dimana masyarakat secara langsung ataupun tidak langsung dapat ikut serta dalam pengambilan suatu keputusan.
   1.5 Pan-Islamisme
         Pan-Islamisme adalah paham yang berkeinginan untuk mempersatukan seluruh umat islam di dunia.

2. Perkembangan Nasionalisme Asia dan Afrika
    Gerakan nasionalisme tersebut bertujuan untuk menghancurkan tatanan pemrintahan kolonial barat, menghentikan eksploitasi bangsa barat terhadap perekonomian dan SDA yg ada di kawasan Asia dan Afrika, serta berusaha untruk membangun negara yang demokratis.
    Pada abad ke-20, pergerakan nasionalisme bangsa-bangsa Asia-Afrika yang menentang kolonialisme dan imerialisme bangsa-bangsa Eropa terjadi di berbagai negara, seperti Jepang, Cina, India, Turki dan Mesir.
    Yang dimaksud dengan kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara yang bertujuan untuk mendominasi perekonomian sedangkan yang dimaksud dengan imperialisme adalah politik untuk menguasai (dengan paksa) seluruh dunia untuk kepentingan diri sendiri yang dibentuk oleh imperiumnya (hak untuk memerintah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar